Senin, 08 September 2008

Visi Misi KPA Kabupaten Bandung

VISI :
Berdasarkan potensi, permasalahan dan peluang yang dimiliki Kabupaten Bandung dengan memperhatikan nilai-nilai visi daerah, aspirasi dan dinamika yang berkembang, visi yang kami kedepankan adalah

”Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Bandung yang Berprilaku Hidup Sehat, melalui Akselerasi Penanggulangan HIV dan AIDS Secara Partisipatif, dengan Berorientasi pada Tercapainya Target Akses Menyeluruh Tahun 2010”.
Makna dari Visi tersebut :


Berprilaku Hidup Sehat adalah tujuan yang ingin dicapai yaitu suatu kondisi Masyarakat Kabupaten Bandung yang mengedepankan norma hidup sehat dan menjauhi prilaku berisiko tertular HIV dan senantiasa berorientasi religius, kultural dan berwawasan lingkungan.


Akselerasi Penanggulangan HIV dan AIDS adalah program Nasional yang digulirkan oleh Komisi Penanggulangan AIDS Nasional sejak Tahun 2006 dengan menitik-beratkan program pencegahan terjadinya kasus baru penularan HIV pada sub populasi paling berisiko tertular dan program penanggulangan AIDS yang efektif.


Partisipatif merupakan pendekatan yang diterapkan dalam upaya pencapaian tujuan, dengan pengertian bahwa masyarakat dapat berperan aktif dalam program pencegahan dan penanggulangan AIDS sesuai dengan prakarsa, tuntutan, kehendak dan kebutuhannya secara proporsional dan bertanggung jawab.

Akses Menyeluruh (Universal Acces) Tahun 2010 adalah tindak lanjut dari komitmen seluruh kepala negara yang dicetuskan dalam UN World Summit Tahun 2005, yang meliputi program pencegahan, pengobatan dan dukungan yang harus dicapai dan diwujudkan pada tahun 2010.


MISI :

  1. Meningkatkan kepemimpinan pemerintah daerah dalam pengendalian dan pelaksanaan program Pencegahan HIV dan Penanggulangan AIDS di Kabupaten Bandung.

  2. Meningkatkan prilaku hidup sehat masyarakat sesuai dengan norma sosial dan agama dalam rangka pencegahan penularan HIV dan AIDS melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE).

  3. Meningkatkan kapasitas SKPD dalam penentuan kebijakan dan penetapan program Pencegahan dan Penanggulangan HIV AIDS sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

  4. Meningkatkan kemitraan diantara unsur SKPD, LSM Implementer, sektor swasta, tokoh masyarakat dan unsur masyarakat madani lainnya.

  5. Mengembangkan sistem Monitoring dan Evaluasi yang handal dengan melibatkan SKPD, LSM Implementer dan sektor terkait sesuai dengan pedoman yang disusun Komisi Penanggulangan AIDS Nasional.

  6. Melaksanakan standar pelayanan minimum (SPM) dan pemutakhiran data peta respon penanggulangan HIV AIDS di Kabupaten Bandung.

  7. Membentuk jejaring layanan kesehatan dan pemberdayaan unit dukungan sosial dalam peningkatan cakupan program Konseling dan Tes HIV Sukarela serta Dukungan, Perawatan dan Pengobatan bagi ODHA.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Bos tolong diganti link yang HR PKBI Jabar ke www.hrpkbijabar.wordpress.com

Nuhun
Riki Febrian

Anonim mengatakan...

Bos Ikutin Polling/jejak pendapat di www.hrpkbijabar.wordpress.com tentang program HR...

Nuhun
-Riki Febrian-

Aids memanggilmu "REmaja" mengatakan...

Ass, Wah Kpa Bandung, Maf Q mau tanaya. rangkali tau. Law kpa kab. Cirebon di manaya? Oh ya! Q punya blog Hiv-Aids Bos, tolong komentarnya. Ass

blog: remajaberperan.blogspot.com
Thanks!